Ayat Kursi

bacaan ayat kursi arab latin (rumi) beserta arti terjemahannya bahasa indonesia dan mp3 untuk panduan menghafal melalui suara bacaan lisan dan catatan tafsir isi kandungan keutamaan serta maknanya, ada juga format pdf untuk sobat download.

Ayat kursi itu al quran di surah apa dan berada di ayat berapa lalu ada berapa huruf serta apa saja keutamaan atau manfaat serta khasiat ?

Semuanya akan dibahas lengkap atau komplit serta jelas pada kesempatan kali ini.

Ayat kursi itu merupakan salah satu ayat Al quran yang ada di surah al-baqarah ayat 255 dan terletak di juz ke 1.

Lalu untuk apa aya kursi itu ?

Selanjutnya mari kita bahas beberapa kedahsyatan fadilah atau keutamaan manfaat membaca ayat kursi (jika benar dalam pengamalannya).

Bacaan Ayat Kursi Dan Artinya

Ayat ini merupakan salah satu ayat yang memiliki keutamaan yang besar seperti surat ad dukhan yang akan mendatangkan manfaat 70000 malaikat akan memohonkan ampun pada orang yang membacanya (HR. At-Tirmidzi).

Berikut ini beberapa keutamaan dari Ayat Kursi yang bisa sobat pelajari.

1. Bacaan Ruqyah

Adapun khasiat manfaat dari ayat kursi adalah sebagai bacaan ruqyah, doa mengusir atau pengusir gangguan jin, terapi guna-guna, doa pengantar tidur, bacaan dzikir pagi dan petang serta dzikir setelah sholat, untuk zikir taubat, untuk perlindungan diri dari gangguan jin.

Dalam islam, dikenal bahwasannya bersama ayat ini Allah Ta’ala menurunkan obat segala penyakit, yakni penyakit rohani maupun jasmani.

Sebenernya semua surat dalam al quran bisa sebagai ayat ruqyah, seperti halnya surat al ahqaf, surat al hujurat, surat at tur, surat al qamar dll.

2. Ayat Yang Paling Agung

Hal ini terdapat dalam sebuah hadits yang menceritakan tentang jawaban ubay bin kaab terhadap pertanyaan rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Dimana dalam hadits tersebut ditanyakan kepada ubay ayat apa yang paling agung, lantas kaab menjawab ayat kursi.

Dan rasulullah shallallahu’alaihi wasallam memberikan ucapan “Semoga kamu berbahagia dengan keilmuanmu yang kau miliki”.

Lalu ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan kaum muslim dalam memaknai keutamaan ayat kursi ini.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam mengamalkan ayat kursi :

  • untuk pengasihan
  • untuk jodoh
  • untuk anak
  • untuk kekayaan
  • bacaan ziarah kubur
  • untuk jimat di rumah (biasa ditempel dipintu) dll.

Banyak yang menyalah gunakan dengan menjadikan ejaan kaligrafi ayat kursi sebagai beberapa hal diatas, tentunya fungsi dari ayat kursi tidak menjerumus ke unsur syirik besar maupun kecil.

Seperti halnya ayat 1000 (seribu dinar) yang masyur di kalangan umat islam namun itu tidak ada dasar dalil yang jelas.

Dan kesalahan saat membaca ayat kursi juga masih sering kita temukan di dalam keseharian kita, cara baca yang benar adalah dengan memperhatikan tajwid dan makhrojul huruf yang tepat.

Untuk itu pada kesempatan kali ini sobat bisa download file pdf complete dengan mp3 ayat kursi suara merdu full untuk belajar hafalan offline dan bisa diajarkan ke anak kecil, semuannya free download.

Bacaan Ayat Kursi Dan Terjemahannya

Berikut ini file lengkap mulai dari tulisan arab ayat kursi, tulisan latin dan terjemahannya.

Selain itu sobat bisa download mp3 ayat kursi, pdf serta untuk sobat yang ingin putar vidio ayat kursi silahkan cari di youtube.


– Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


– Ayat Kursi Latin (Rumi)

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khuzuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man zallazi yasyfa’u ‘indahū illā bi`iznih, ya’lamu mā baina aidihim wa mā khalfahum, wa lā yuḥiṭụna bisyai`im min ‘ilmihi illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓim [Al Baqarah : 255]


– Arti Terjemahan Ayat Kursi

Allah, tidak ada Tuhan (yang hak untuk diibadahi dan disembah) selain Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tiada mengantuk dan tidak pula tidur. Milik-Nya segala apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberikan syafa’at di sisi Allah melainkan tanpa seizin-Nya? Allah mengetahui segala apa-apa yang ada di hadapan mereka dan yang ada di belakang mereka, dan mereka itu tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah selain dari apa yang dikehendaki oleh-Nya. Kursi Allah meliputi langit serta bumi. Dan Allah tiada berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. [Surat Al-Baqarah ayat 255]


– Download Ayat Kursi Dan Tafsir (Isi kandungan) Pdf

Berikut ini file dari bacaan ayat kursi yang bisa sobat download gratis atau free sebagai media pembelajaran offline hafalan dirumah dan bisa di baca saat waktu membaca anda lengang.

Terdapat 4 jenis tafsir ayat kursi dalam file ini, diantaranya adalah tafsir muyassar, tafsir mukhtasyar, Tafsir Al Wajiz dan Zubdadud tafsir.

silahkan lihat keterangan filenya berikut ini.

bacaan ayat kursi
foto gambar bacaan ayat kursi

Nama : QS. Al Baqarah : 255
Ukuran : 236 Kb
Jenis File : Pdf
Link : Download


– Download Mp3 Ayat Kursi Suara Merdu

Silahkan teman teman download juga murottal surah al baqarah ayat 255 sebagai panduan anda yang belum terlalu fasih dalam makhrojul huruf atau yang belum fasih membaca dengan tajwid (hukum bacaan).

Berikut ini isi file yang bisa teman teman download.

Nama : QS. Al Baqarah : 255
Ukuran : 407 Kb
Jenis File : Mp3
Qori : Muzammil Hasballah
Link : Download


Tafsir Ayat Kursi (Muyassar)

Berikut ini salah satu tafsir yang membahas ayat kursi, yakni tafsir muyassar.

Silahkan sobat baca untuk lebih jelasnya.

255. Allah ialah Zat yang tidak ada satu makhluk atau benda yang berhak untuk dihadapkan padanya bentuk keimanan uluhiyah dan juga ubudiyah melainkan hanya Dia (Allah), Ia adalah dzat Yang Maha hidup yang mempunyai segala bentuk hakikat kehidupan yang sangat sempurna, selaras dengan keagungan yang dimiliki oleh-Nya, Dan Ia adalah Dzat Yang Maha mengatur segalanya, Allah ialah Dzat yang tidak ada padanya sifat mengantuk dan Allah tidak tidur.

Segala sesuatu yang berada di langit dan yang ada diseluruh di bumi adalah kepunyaan-Nya. Tiada seorang makhlukn yang berani maju untuk memberikan syafaat di sisi-Nya melainkan semua atas izin-Nya.

Pengetahuan yang Allah Ta’ala miliki mencakup segala makhluk-makhluk yang ada, baik itu makhluk yang ada di zaman dahulu, di zaman sekarang dan di zaman yang akan datang kelak.

Allah Ta’ala tahu akan segala perkara yang akan terjadi di hadapan makhluk-makhluk ciptaanya dan berupa hal-hal yang akan terjadi pada masa mendatang, dan Allah Ta’ala mengetahui apa-apa yang telah terjadi di belakang mereka yakni berupa perkara-perkara yang terjadi di masa lampau.

Dan tidak seorang pun dari makhluk yang telah Allah ciptakan melainkan merekan hanya mengetahui sedikit saja dari ilmu Allah, melainkan apa yang telah Allah ajarkan dan tampakkan kepadanya ilmu tersebut.

Dan kursi Allah itu meliputi yang ada dilangit dan yang ada di bumi. Dan kursi ini adalah tempat dua kaki Allah Ta’ala. Dan tiada yang mengetahui bentuknya selain dari pada Allah Ta’ala. Dan Allah Ta’ala tidak merasa berat untuk memelihara keduanya. Dan Allah Ta’ala Maha tinggi dengan Dzat serta sifat-sifat-Nya di atas semua makhluk-makhluk-NYa, yang menghimpun seluruh sifat keagungan dan kebesaran-Nya. Ayat ini adalah ayat yang paling agung di dalam Al-Quran dibandingkan ayat ayat yang lainnya serta dinamai dengan Ayat Kursi. (Tafsir al-Muyassar)

Itu tadi teman teman semuanya, ulasan mengenai bacaan ayat kursi yang lengkap dengan semua jenis file yang bisa untuk sobat jadikan bahan belajar dan ayat ini merupakan salah satu ayat yang memiliki banyak keutamaan didalamnya.

Keutamaan dan Isi kandungan Ayat Kursi

Keutamaan dan Isi kandungan Ayat Kursi

Quran adalah kitab suci Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW tercinta. Quran adalah buku pedoman bagi semua umat manusia, tidak hanya untuk umat Islam. Semua ayat-ayat dalam alquran memiliki arti penting di dalamnya dan beberapa dari ayat alquran lebih menonjol dan salah satunya adalah ayat kursi.

Lalu seperti apakah isi kandungan dalam ayat kursi itu sendiri dan apa saja keutamaan ayat kursi?

Arti dari Ayat Kursi

Ayat kursi adalah ayah dari Surah Al-Baqarah yang berada pada ayat 255. Nabi Muhammad SAW mengatakan ayat kursi adalah ayat yang paling penting dalam alquran. Ayat kursi adalah salah satu dari empat bagian Qaran yang melekat pada Arsh (Tahta Allah).

Arti penting dari ayat-ayat kursi dapat dipicu dari perkataan orang-orang suci yang terkemuka ini. Sahabat Ali (RA) mengatakan, “Pemimpin dari alquran karim adalah ayatul kursi.”

Nabi Suci SAW bersabda: “Siapa pun yang membacakan 4 ayat pertama dari Surat-alBaqarah, kemudian Ayatul Kursi dan kemudian 3 ayat terakhir dari Surat albaqarah tidak akan ditimbulkan oleh kesulitan apa pun dalam kekayaannya atau dirinya sendiri, setan tidak akan mendekatinya dan dia tidak akan melupakan Quran. ”

Hadis dari Ibnu Mas’ud (RA) juga berkata, “Allah yang Maha Tinggi tidak menciptakan apa pun di langit atau di bumi, di surga atau neraka yang lebih tinggi dari ayat-ayat ursi.” Ibnu Mas’ud (RA) juga menyebutkan bahwa tidak ada ruang di langit atau di bumi lebih tinggi dari ayatul kursi.

Anjuran Waktu dalam Membaca Ayat Kursi

Anjuran Waktu dalam Membaca Ayat Kursi

Alquran yang mulia adalah mukjizat yang diwahyukan oleh Allah kepada Rasul-Nya Muhammad SAW untuk ummatnya. Al-Qur’an sendiri dianjurkan harus dibaca setiap hari. Nabi Muhammad telah mengatakan: “Bacalah Al-Qur’an Suci karena alquran akan datang sebagai perantara bagi pembacanya pada Hari Pengadilan.”

Imam Ibn Kashir RA mengatakan dalam tafsir ayat kursi:

“Ini adalah Ayat Kursi, yang memiliki status tinggi. Diriwayatkan dari Muhammad bahwa ayat ini adalah ayat terbesar dalam Kitab Allah.”

Adapun anjuran waktu yang bagus untuk membaca ayat kursi adalah setelah selesai menjalan salat fardhu 5 waktu. Abu Umamah radiallahuanhu meriwayatkan bahwa Rasulullah sallalahu alaihi wa sallam berkata,

“Siapa pun yang membaca ayat kursi segera setelah setiap shalat fardhu, tidak akan ada yang berdiri di antara dia dan surga yang masuk kecuali kematian.” [Nasai, Ibnu Hibban, Darimi] Hadits yang Anda katakan, mengatakan ini:

Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, “Siapa pun yang membaca ayatul Kursi setelah setiap Fard (Sholat Fard). Hanya kematian yang mencegahnya memasuki surga (Begitu dia meninggal, akan memasuki surga” Hadis riwayat Imam Nisa’i, Ibnu Habban, Ibnulsani  Abi Amatah Albahili Radiallah Anhu)

Keutamaan Ayat Kursi Bagi Umat Islam

Keutamaan Ayat Kursi Bagi Umat Islam

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dalam membaca surat kursi, di antaranya adalah :

  1. Terhindardari segala kesulitan

Nabi Muhammad SAW bersabda: siapa pun yang membacakan 4 ayat pertama dari Surat Baqarah, kemudian “Ayatul Kursi” dan kemudian 3 ayat terakhir dari Surat Baqarah, tidak akan ditimbulkan oleh kesulitan apa pun dalam kekayaannya atau dirinya sendiri, Setan tidak akan mendekatinya dan dia tidak akan melupakan Al-Qur’an.

  1. Ayat yang penuh keberkahan

Nabi Muhammad SAW mengatakan: Al-Qur’an adalah kata yang hebat, dan Surah Baqarah adalah pemimpin Al-Qur’an dan “Ayatul Kursi” adalah pemimpin Surah Baqarah. Dalam “Ayatul Kursi” ada 50 kata dan untuk setiap kata ada 50 berkah di dalamnya.

  1. Siapapun yang membaca akan mendapat perlindungan Allah

Seseorang yang membaca “Ayatul Kursi” setiap pagi akan berada dalam perlindungan, keselamatan Allah sampai malam.

  1. Dijauhkan dari setan

Jika seseorang rajin membaca ayat kursi maka kekayaan atau anak-anak dan apa saja yang dimiliki akan aman dari setan. Ayat kursi memiliki keutamaan untuk melindungi diri, kekayaan, properti, dan rumah seseorang dari setan. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud :

Ibne Masud RA mengatakan bahwa seseorang meminta Rasulallaah SAW untuk mengajarinya sesuatu yang akan menguntungkannya. “Nabi SAW berkata,” Baca Ayatul Kursi, ayat itu akan melindungi Anda, anak-anak Anda, rumah dan bahkan rumah-rumah di sekitar rumah Anda.

  1. Memberikan cahaya bagi arwah yang dibacakan

Bagi orang-orang terkasih kita yang telah meninggal dunia, pembacaan “Ayatul Kursi” dan memberikannya sebagai hadiah kepada mereka, memberi mereka cahaya di kuburan.

  1. Membuat mudah datangnya sakaratul maut

Semakin sering membaca ayat kursi, maka akan semakin membuat datangnya kematian itu sendiri mudah.

  1. Dilindungi malaikat

Ketika meninggalkan rumah, jika seseorang membacanya sekali, Allah Yang Mahakuasa mengirimkan satu kelompok Malaikat untuk datang dan melindungi . Jika dibacakan dua kali, 2 kelompok Malaikat ditugaskan untuk melindungi dan jika dibacakan 3 kali Allah memberi tahu para Malaikat agar tidak khawatir karena Allah sendiri yang akan melindunginya.

Nabi Saw juga bersabda : “ Jika seseorang membacakan “ayat kursi” sebelum tidur, Allah akan mengirim malaikat untuk datang dan menjagamu dan melindungimu.

  1. Memberikan ketenangan

Ketika seseorang sendirian di rumah dan membaca “Ayatul Kursi” dan meminta bantuan, Allah akan membuat ia tetap tenang dan hilang rasa takutnya.

  1. Menghilangkan kemiskinan

Nabi SAW bersabda: Ketika meninggalkan rumah, jika seseorang melafalkan “Ayatul Kursi”, maka Allah akan mengirim 70.000 Malaikat untuk membacakan Istighfaar untuknya sampai dia kembali ke rumah, dan sekembalinya di sana kemiskinan akan dihilangkan darinya.

  1. Dinaikkan ke surga

Jika seseorang mengucapkan ini setelah melakukan wudhu, Imam Muhammad Baqir (AS) mengatakan: Allah akan memberinya hadiah 40 tahun ibadah, posisinya akan dinaikkan dalam Surga 40 kali (level) dan akan menikahinya dengan 40 bidadari.

  1. Mendapatkan keselematan

Seseorang yang membacanya setelah setiap shalat, shalat mereka akan diterima, mereka akan tetap berada dalam keselamatan Yang Mahakuasa dan Dia akan melindungi mereka. Orang yang membaca Ayatul Kursi setiap pagi akan berada dalam perlindungan, keselamatan Allah sampai malam.

  1. Tergolong makhluk yang bersyukur

Allah berfirman kepada Nabi Musa AS: Jika seseorang membacakannya setelah setiap shalat, Yang Maha Kuasa akan membuat hatinya menjadi syukur (Syakiriin), Allah juga akan memberinya hadiah dari para nabi, dan perbuatannya akan menjadi seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang benar ( Siddiqeen).

  1. Terhindar dari kesulitan

Siapapun yang membaca ayat kursi, maka ia akan dijauhkan dari kesulitan. Hadis dari Abu Qatada (RA) menceritakan bahwa Nabi (SAW) berkata, “Siapa pun yang membaca Ayatul Kursi dan Ayat terakhir dari Surah Baqarah ketika dalam kesulitan, maka Allah mendengarkan permohonan itu.”

Hadis dari Ali RA, ia mengatakan, “Sejak saya mendengar ini, saya tidak pernah melewatkan malam tanpa membacanya”

Jadi jika kita semua ingin sekali mendapatkan perlindungan, maka bacalah ayat-ayat kursi karena keutamaan ayat kursi begitu besar.